Wednesday 25 February 2015

Volvo Genjot Penjualan via Online

Volvo mengaku bakal menggenjot penjualan mobil via internet untuk meningkatkan efektivitas melawan rival, seperti BMW, Audi, dan Mercedes-Benz. Strategi ini diperkenalkan produsen asal Swedia itu, termasuk belanja iklan pada media digital.
Volvo Genjot Penjualan via Online

"Kami akan menawarkan seluruh model ke pasar secara digital. Dari hasil riset, semakin banyak konsumen siap melakukan pembelian online. Alasan mereka mau melakukannya karena harga lebih murah dan enggan terlibat negosiasi yang sulit ketika transaksi," beber Alain Visser, Kepala Penjualan Volvo, dilansir Autonews Europe (15/12/2014).
Beberapa merek global sudah berusaha menjual mobilnya via online. Tesla misalnya, berhasil menjual mobil listriknya dari internet dan menghapus dealer tradisional. Mereka sanggup menawarkan solusi efektif bagi seluruh konsumen yang tersebar di Amerika Serikat.
Meski strategi online akan dijalankan, Volvo tetap mempertahankan 2.000-an dealer yang tersebar di Eropa untuk terus beroperasi. "Biasanya ketika bicara soal e-commerce, dealer sangat gugup. Kami tidak melihat jaringan distribusi tanpa adanya dealer di masa depan. Kami tetap menyalurkan kendaraan dengan jaringan yang ada untuk mengantarkan mobil ke konsumen," beber Visser.
Tahun depan, Volvo menaikkan target penjualannya mengandalkan crossover XC90, model pertama yang dihasilkan setelah perusahaan di bawah kepemilikan baru Zhejiang Geely Holding Group. Untuk mengenjot penjualan, Volvo juga tidak akan mengkikuti jejak merek rival dengan membangun dealer khusus di mal ekslusif.
"Merek kami berbeda, kami tidak percaya bangunan-bagunan istana yang besar," tukas Vesser. Hampir 80 persen konsumen Volvo saat ini sudah membeli kebutuhan rumah tangga via online. Hasil penelitian mengatakan, potensi ini akan bergeser ke pembelian mobil di masa depan.
Di sisi lain, Volvo juga akan mengalihkan fokus pengeluaran dari pameran otomotif internasional. Artinya, merek Swedia ini akan lebih banyak absen di pameran-pameran otomotif ternama dunia dan lebih memilih mengalihkan pendanaan langsung pada pembeli, mulai tahun depan.
Volvo hanya akan memilih satu pameran di masing-masing kawasan supaya tidak terlalu hilang dari benak konsumen, yakni Geneva di Eropa, Shanghai atau Beijing di China, dan Detroit di Amerika Serikat.

Friday 20 February 2015

Truk BBM Shell sudah Dilengkapi Lampu Siang

Mengikuti kebijakan global dari Royal Dutch Shell, setiap truk distribusi bahan bakar Shell Indonesia wajib memiliki dan menyalakan daytime running light (DRL) selama beroperasi. Bantuan cahaya ini bertujuan meningkatkan pengguna jalan lain pada kendaraan pengangkut material mudah terbakar.

Truk BBM Shell sudah Dilengkapi Lampu Siang
"Kami berharap kebijakan ini ikut menekan angka kecelakaan di jalan. Untuk menerapkannya, kami telah melakukan konsultasi dan mendapatkan dukungan dari pihak pemerintah dalam hal ini Direktorat Perhubungan Darat serta Kementerian Perhubungan," ujar Country Chairman and President Director PT Shell Indonesia Darwin Silalahi, Rabu (17/12/2014).
Korlantas Polri mencatat angka kecelakaan akibat truk mencapai 4.222 dalam enam bulan terakhir pada 2014, atau naik dari enam bulan pertama yaitu 3.832 kecelakaan. Dari hasil penelitian pada beberapa negara yang aktif memakai DRL, angka kecelakaan bisa dipangkas 5-35 persen bergantung kondisi jalan.
Kombes Pol Drs Pujiono Dulrahman MH, Kepala Bidang Pendidikan Masyarakat, Korps Lalu Lintas POLRI mengatakan DRL sangat diperlukan pada truk pengangkut bahan bakar. Selama ini peraturan terkait lampu penerangan masih berlaku hanya untuk sepeda motor yang harus tetap menyala pada siang hari.
"Selain kendaraan kecil, kendaraan lain juga perlu diperhatikan. Lampu menyala membuat truk menjadi pusat perhatian," kata Pujiono.
Sementara Ahmad Yani, Kasubdit Promosi dan Kemitraan Keselamatan Direktorat Keselamatan Transportasi Darat, Direktorat Jenderal (Dirjen) Perhubungan Darat memaparkan dukungannya terhadap kebijakan baru ini. Menurutnya regulasi DRL pada truk sudah berlaku di berbagai negara seperti Finlandia dan Kanada.
"Kami sangat mengapresiasi, karena ini adalah yang pertama dari perusahaan perminyakan. Kami berharap enam bulan mendatang punya evaluasi, jadi kita bisa lihat sejauh mana efektivitasnya," urai Ahmad.

Sunday 15 February 2015

Deretan Mobil yang Paling Banyak Dicari Orang Indonesia di Google

Google meluncurkan daftar pencarian terpopuler di seluruh dunia. Data pencarian dari 72 negara dengan populasi online besar, termasuk Indonesia, dirangkum untuk memperlihatkan topik mana saja yang paling banyak dicari oleh warga internet dunia lewat Google.
Deretan Mobil yang Paling Banyak Dicari Orang Indonesia di Google
Sektor otomotif masuk dalam kategori pencarian, dengan menampilkan mobil yang paling banyak dicari orang Indonesia, menggunakan mesin pencari Google. Ada 10 mobil yang beredar di Indonesia dan kerap dicari informasinya di Google.

Posisi pertama ada jagoan baru milik Honda Prospect Motor (HPM),MobilioLow MPV dari Honda ini menjadi mobil yang paling banyak dicari orang Indonesia melalui Google. Dilanjutkan dengan Datsun Go dan Honda Brio di posisi tiga besar.

Toyota diwakili Agya ada di posisi empat, menyusul Honda Jazz dan Ford EcoSport di posisi lima dan enam. Chevrolet Spin ada di urutan ketujuh, lalu ada Mitsubishi Pajero Sport, Toyota Avanza dan Honda CR-V di posisi delapan sampai 10.

Honda menjadi merek yang paling banyak dicari dengan empat modelnya yang masuk dalam 10 besar. Toyota hanya dua model, dan menariknya dua produsen Amerika Serikat, Ford dan Chevrolet masuk dalam daftar. Sedangkan perwakilan dari produsen Eropa dan Korea Selatan tidak masuk dalam 10 besar.

Tuesday 10 February 2015

Pembatasan Sepeda Motor di Jakarta Untungkan Mobil Murah?

Uji coba pembatasan sepeda motor di ruas Jalan MH Thamrin-Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, dimulai hari ini, Rabu (17/12/2014) hingga sebulan ke depan. Lantas, apakah kebijakan ini efektif atau justru mendorong pesepeda motor membeli mobil murah yang marak ditawarkan berbagai merek di pasar.
"Memang itu bisa dibilang potensi, tetapi saya lihat masih jauh daya beli pengguna sepeda motor dengan pembeli mobil murah sekalipun," jelas Sudirman Maman Rusdi, Ketua Umum Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) di Kelapa Gading, Jakarta Utara.

Pembatasan Sepeda Motor di Jakarta Untungkan Mobil Murah?
Meski tak menampik potensi pasar yang tercipta berkat pembatasan ini, tetapi Sudirman mengaku harus melihat pengaruh dari kebijakan ini dalam tahap lebih lama, setidaknya tiga sampai empat bulan ke depan. Kebijakan yang masih uji coba ini juga belum ditetapkan permanen oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, sehingga masih mungkin terjadi perubahan di masa depan.
"Sekarang saja ada pihak dari Asosiasi Pengiriman Barang yang menghimbau pemda agar memberikan pengecualian terhadap mereka melintas. Nanti, harus kita tunggu dulu dampaknya," beber Sudirman.
Sesuai target utama digulirkannya program mobil murah dan ramah lingkungan (LCGC) oleh pemerintah pusat, adalah menangkap potensi pasar para pengguna sepeda motor yang mau naik kelas. Dengan harga yang dibatasi pemerintah, diharapkan potensi pasar ini bisa dinikmati mobil-mobil murah rakitan lokal, bukan impor.
Saat ini, beberapa merek yang menawarkan mobil murah di pasar nasional, meliputi Toyota Agya, Daihatsu Ayla, Suzuki Karimun Wagon-R, Honda Brio Satya, Datsun Go, dan Go +. Semua mobil ini ditawarkan dengan banderol mulai dari Rp 85 jutaan (harga on the road Jakarta).

Thursday 5 February 2015

Program Sosial Tata Motors Diganjar Penghargaan Dompet Dhuafa

Tata Inspiraksi, program Corporate Social Responsibility (CSR) gawean Tata Motors menyabet penghargaan The Best CSR dari Dompet Dhuafa dalam katagori Informal Education Development. Uniknya, program CSR Tata Motorsini diluncurkan pada Juni 2013 di saat pabrikan mobil asal India itu belum memasarkan produknya di Indonesia.

Program Sosial Tata Motors Diganjar Penghargaan Dompet Dhuafa
“Penghargaan ini, adalah motivasi untuk terus mengembangkan program CSR kami, Tata INSPIRAKSI sehingga semakin memberi solusi bagi upaya pemberdayaan masyarakat,” ujar Achmad Djauhari, Director HR dan Legal Tata Motors Distribusi Indonesia (TMDI) dalam rilis kepada Tribunnews.com.
Di lain pihak, Ismail A Said, President Director of Dompet DhuafaCorpora menjelaskan, penghargaan ini merupakan  bentuk apresiasi kepada perusahaan yang mengelola CSR dengan baik yang diselenggarakan setiap tahun.
“Peran perusahaan dalam memanfaatkan dana CSR untuk program pemberdayaan Masyarakat Dhuafa selama ini tidak dapat dilihat sebelah mata. Program-program CSR telah banyak mendorong percepatan pengentasan kemiskinan. Dan Tata Motors telah berkontribusi sangat besar dalam pendidikan informal melalui Inspiraksi." ungkapnya.
Program Tata Inspiraksi sendiri merupakan program CSR yang pelaksanaannya dilakukan melalui interaksi sosial di social media (Facebook) Tata Motors Indonesia. Jejaring sosial ini digunakan untuk mengumpulkan dan menampung inspirasi dari para sahabat Tata Motors Indonesia.
Setelah setahun interaksi sosial Tata Inspiraksi berjalan, pada 24 Juni 2014 Tata Motors akhirnya menganugerahi program bantuan kepada tiga proyek CSR.  Mereka adalah Muhammad Fauzi yang menggagas Desa Penebar Kecerdasan, Solehuddin yang membuat Kampung Sahabat Desain Grafis, dan Sri Astuti yang meski mengalami keterbatasan fisik tapi tak lelah mengajar untuk warga pelosok desa tanpa bayaran.