Thursday 15 January 2015

Kembang Ban Motor yang Cocok Libas Genangan Air di Musim Hujan

Hujan memang membawa berkah bagi kita semua. Tapi hal ini kadang menjadi ‘momok’ tersendiri bagi rider yang masih mengandalkan ban tipe kering. Pasalnya tidak bisa bermanuver dengan mulus saat hujan turun maupun melewati genangan air.

Kembang Ban Motor yang Cocok Libas Genangan Air di Musim Hujan
Namun kalau pengin perjalanan maupun aktivitas tetap lancar seperti biasa, enggak ada salahnya aplikasi ban tipe basah. Tentunya kalau kondisi ban sudah botak atau menipis. Tapi kalau sudah terlanjur beli ban tipe kering, enggak perlu ganti ban tipe basah, tapi mesti ekstra hati-hati.
Lalu, ban seperti apa yang cocok untuk kondisi jalan basah? Yakni semua ban yang mempunyai pattern groove (alur kembang). “Groove berfungsi sebagai jalur air dan memecah genangan air. Semakin banyak kembangannya, akan semakin banyak pula air yang bisa dihalau,” ujar Mohamad Zein Saleh, Senior Marketing Manager PT Multistrada Arah Sarana (MASA), produsen ban Corsa.
Pria berkacamata minus ini bilang bahwa ban standar bawaan pabrik sebenarnya paling ideal buat jalanan basah maupun kering. Sebab sudah diperhitungkan dengan berat dan tenaga motor, baik diameter maupun lebar tapak ban.
“Pada dasarnya semua ban produksi Corsa kita siapkan untuk kondisi panas dan hujan, menyesuaikan 2 iklim di Indonesia. Sedangkan ban Corsa yang cocok dipakai saat musim hujan yakni tipe; Sportrain, S33, S01, SSR dan SSZ,” imbuh Zein.

No comments:

Post a Comment